Selasa, 18 Desember 2012

PROSEDUR PELAYANAN DATA STAGEOF KSI



PROSEDUR DINAS PAGI
PELAYANAN DATA
STASIUN GEOFISIKA KEPAHIANG ( KSI )
alexis.de.felixcille@gmail.com

Sebagai salah satu  Stasiun Observasi milik BMKG yang bertempat di Kabupaten  Kepahiang, Bengkulu, pelayanan data terkait fenomena Meteorologi (cuaca), Klimatologi (Iklim) dan Geofisika (gempabumi)  merupakan salah satu tugas wajib yang diemban oleh setiap elemen yang terhitung sebagai Pegawai Stasiun Geofisika Kepahiang - KSI. Adapun setiap harinya, dijadwalkan per shift, salah seorang pegawai stageof KSI (kepahiang) menjalankan tugas dinas PELAYANAN

                Jenis data yang dilayani bervariasi, sesuai dengan permintaan para data user dari berbagai kalangan dengan maksud dan tujuan yang bervariasi.  Umumnya, ada 3 komponen masyarakat yang sering datang dan meminta data di stageof KSI. 3 komponen tersebut antara lain :
1.       Mahasiswa/Pelajar
2.       Umum
3.       Wartawan/Jurnalis


Prosedur pelayanan pun berbeda-beda; diklasifikasikan  sesuai golongan data user tersebut. Prosedur yang dijalankan di stageof KSI sebagai berikut.

1.       MAHASISWA
Untuk mahasiswa, tidak dikenakan tariff data, mengingat maksud dan tujuan edukatif, semisal penggunaan data untuk skripsi. Namun hendaknya memenuhi beberapa pra syarat untuk mendapatklan data yang dimaksud. Syarat tersebut yakni :
·         Surat Pengantar dari Dekan ataupun Kajur
·         Proposal Skripsi yang bersangkutan
·         Surat Pernyataan Bermaterai. Surat tersebut disiapkan oleh pihak penyedia data (stageof KSI); kemudian diisi dan ditandatangani oleh pihak peminta data (mahasiswa). Selanjutnya disertai materai. Hal ini disertai sebagai langkah preventif penyalahgunaan data tersebut, semisal dijual pada oknum tertentu ataupun penyalahgunaan lainnya atas nama BMKG.
·         Salinan skripsi. Pihak mahasiswa hendaknya menyetujui untuk menyerahkan salinan tulisan skripsinya untuk dijadikan dokumentasi oleh pihak stageof KSI.

2.       UMUM
Untuk kalangan umum yang hendak meminta data, akan dipersilahkan untuk membaca peraturan pemerintah Republik Indonesia nomor 4 tahun 2012, tentang Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) Download here ! .  Selanjutnya, berdasarkan persetujuan resmi, maka transaksi data dapat berjalanan sesuai prosedur tertulis dari pemerintah. Segala proses dibuat transparan dan akuntabel.

3.       WARTAWAN / JURNALIS
Pelayanan data pada bagian ini lebih pada kemampuan si pelayan untuk menjelaskan informasi kepada wartawan, berdasarkan pengetahuannya di bidang Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika. Tentunya si pelayan data harus mengetahui terlebih dahulu tentang tektonik lokal dan geologi regional daerah sekitar; misal tentang sesar di daerah Bengkulu; dsb. Ataupun tentang pengetahuan umum wilayah Bengkulu, semisal Daerah Bengkulu terletak antara perbatuan pre-tersier, tersier, vulkan dan batuan alluvial. Keadaan tersebut berpengaruh bagi keadaan bumi dan kehidupan penduduk di wilayah Bengkulu. Pada beberapa daerah, persebaran batuan-batuan mengandung barang-barang tambang seperti emas, perak, kaolin kuarsa dan lain-lain. Di atas dan di lereng tanah-tanah gunung, penduduknya menganut corak kehidupan agraris. 

Sekian dari penulis. 
SALAM GEOFISIKA.


Kepahiang. Rabu pagi di hari yang cerah; 19 Desember 2012.

Related Post:

0 komentar:

Posting Komentar

 
;