Jumat, 27 Mei 2011

TIPS TRICK ELIMINASI GAUSS-JORDAN

Pada edisi kali ini,saya akan  mengulas tentang ELIMINASI GAUSS-JORDAN. Tentunya metode yang satu ini sudah tidak asing lagi bagi kita para punggawa geofisika, khususnya yang telah melewati 3 semester dan bertemu dengan mata kuliah “METODE NUMERIK” pada semester IV.

Mengenai pengertian dan aplikasinya,bisa kita telusuri pada halaman web, tanyakan pada om Google (googling), atau dibaca pada berbagai buku sumber yang membahas tentang eliminasi yang satu ini. Oleh sebab itu, di sini saya tidak membahas terlalu jauh mulai dari pengertian hingga pengaplikasian metode ini dalam menemukan matrik identitasnya.
Tulisan ini sebenarnya berisikan beberapa step sebagai tips dan trick dalam menyelesaikan soal dengan menggunakan Eliminasi Gauss-Jordan.

Langsung saja; pabila kita disuguhkan sebuah soal dan dituntut untuk menyelesaikannya hingga tahap final untuk mendapatkan matrik Identitasnya, maka berikut ini saya paparkan tahap-tahapnya:
Sebagai contoh, misal diberikan: Matriks 4x4
1.       Mengubah dan Mentransformasikan soal ke dalam bentuk Matriks
2.     Mengeliminasikan kolom pertama dari matriks dengan pivot dari angka pada Baris 1 kolom 1 ; (1,1).
3.     Dapatkan Matriks baru dari proses perhitungan pada tahap (2) tadi,kemudian Eliminasikan lagi dengan pivot (2,2); Baris 2 kolom 2.
4.     Ulangi langkah tersebut dengan komposisi matriks yang baru (hasil perhitungan tahap sebelumnya), kemudian eliminasikan lagi dengan pivot (3,3).
5.    Ulangi langkah tersebut dengan komposisi matriks yang baru (hasil perhitungan tahap sebelumnya), kemudian eliminasikan lagi dengan pivot (4,4).
6.     Dapatkan Matriks yang Baru, kemudian eliminasikan  Kolom 3, baris 2-1, dengan pivot (3,3)
7.    Dapatkan Matriks yang Baru, kemudian eliminasikan  Kolom 2, baris 1, dengan pivot (2,2).
8.     Finally, we get new matrix. Matrix Baru tersebut sudah terdiri dari matrix dengan diagonalnya bilangan bukan 0. Next step, tugas kita hanyalah membagi tiap baris dengan diagonalnya pada masing0masing baris tersebut, sehingga dengan demikian, kita dapatkan matrix Identitasnya.

Alright, Yah,memang cukup sulit saat kita bermain dengan barisan angka-angka yang membuat kita bingung dan cukup menyita konsentrasi kita. But the key is : Be Consentrated!..yups,jika persoalan diselesaikan dengan hati yang terbuka, pikiran yang jernih, dan berkonsentrasi Penuh, maka niscaya pasti kan temukan solusi terbaik. Ok?
Ciaooo!!

Attribute to:

Geofisika.45
alexanderparera

Related Post:

1 komentar:

Anonim mengatakan...

maaf..pivot apa yah? :( gk paham

Posting Komentar

 
;