Senin, 07 Mei 2012

TUTORIAL BEKERJA DENGAN SOFTWARE Zmap



Dear all readers and my blog’s visitors. Postingan saya kali ini sebenarnya berangkat dari problema yang saya temui ketika harus menyelesaikan tugas Statistik Geofisika; yakni harus memetakan (mapping) sebaran b value, a value, dan Standar deviasi dengan metode Likelihood. Nilai nilai tersebut berkaitan dengan aspek Seismisitas suatu daerah. B value merupakan Parameter Tektonik berdasarkan jumlah getaran yang terjadi dimana kisaran nilai b mendekati 1. Sedangkan a value merupakan parameter seismic. Parameter a dan b tersebut merupakan bagian dari persamaan Gutenberg- Richter yakni Log N= a – b M. Dengan a dan b sudah disebut tadi, N= jumlah Gempa dan M= Magnitudo.

Secara teoretis, pastinya Nilai a dan b tersebut dapat dihitung dengan Microsoft Excel, dengan 2 Metode, yakni Likelihood (Probabilitas/kemungkinan) dan Regressi Linear. Namun yang menjadi kendala adalah ketika kita diharuskan untuk menampilkan besaran-besaran nilai a dan b tersebut dalam sajian yang lebih representatif dan mudah dipahami; singkatnya dalam bentuk gambar peta (overlay) dengan komponen peta dan gradasi warna yang eye catching pastinya.

Komputasi b value dan a value dengan metode Likelihood ternyata menjadi lebih simple dengan Output gambar peta yang mudah dipahami, yakni dengan SoftwareMATLAB dan ZMap. Software tersebut bisa diperoleh dengan mendownloadnya dari website- website yang berkaitan dengan gempa bumi/earthquake.
Berikut saya sajikan langkah-langkah pengolahan data hingga penyajiannya dengan software Zmap. Kiranya bisa membantu readers sekalian yang mungkin sama seperti saya ketika menemukan problema dalam menggarap tugas Statistik Geofisika.


The STEPS:

*Download Software ZMap. Bisa didownload di www.earthquake.ethz.ch/software/zmap  
*Download data gempa ; bisa dari Website USGS; kemudian diolah di Notepad dan di Excel. Ingat dan Perhatikan !! sewaktu data di copy dari USGS dan di paste pada Notepad, pada kolom TIME (jam) JANGAN DIEDIT dahulu agar tidak mempersulit langkah selanjutnya ketika harus memisahkan Origin Time dalam Hours dan Minutes. Setelah beres di notepad, data di paste di Excel. 

*Buka Excel -- Pilih Data—Text to Columns—Fixed With—(atur posisi sesuai yang diinginkan, control pada tanda anak panah kecil). Atur dan edit data sesuai format column yang diminta pada Zmap.

Lon. Lat. Year. Month. Day. Mag. Depth. Hour.



*Setelah data disortir, lakukan penomoran (Numbering); kemudian Filter data; buang data gempa yang tidak memiliki Depth. Setelah data Lengkap (tidak ada yang bolong), hapus semua Header (lon; lat; year; dsb.) dan semua Numbering ( 1; 2; 3;.dsb); kemudian data disave dengan type Tab delimited; kemudian buka dalam Notepad- Rename- save dengan extension .DAT .

*Running / jalankan MATLAB di computer; kemudian pada Command Window, ketik >>Zmap (Sebagai instruksi untuk running Zmap). Sekiranya Readers ketahui, bahwa Software Zmap merupakan bawaan dari MATLAB; artinya Zmap hanya bisa di-running hanya jika kita membukanya dari MATLAB sesuai instruksi pada Command Window tersebut.


*Load data ASCII. Jika data tidak berhasil diload, berarti masih ada kendala pada data. Buka ulang data di Excel tadi; cross check kembali data tersebut. Biasanya kesalahan terletak pada YEAR. Ingat, setiap hendak mengedit data, selalu lakukan Numbering(penomoran) urutan data dan setelah diedit, jangan lupa tuk menghapus kembali Nomor urutan data tersebut.

*Running kembali Zmap.







*Load data ASCII, muncul window General Parameter, pilih Go untuk menampilkan window SEISMIC MAP (Peta sebaran epicenter). Jika ingin meng-overlay peta pulau-pulau pada background, pilih Overlay—Volacanoes; Plate Boundary—add a Coastline/faults. Jika ingin mengedit nama, klik symbol anak panah putih.




*Jika ingin menampilkan b-value; pilih Menu Z Tools—Decluster The Catalog—Decluster Use Reasenberg ; maka muncul window Decluster.  Decluster tersebut untuk menghilangkan aftershock dan mainshock.
*Jika ingin mencari MC (Magnitudo Completeness); pilih ZTools—analyze time series—Ztools—Mc and b-value—automatic—Go. Maka muncul window MC berdasarkan Likelihood.


(to be CONTINUED)


Related Post:

7 komentar:

Unknown mengatakan...

maaf mw nanya..format data-nya bgmn yah? soalx error terus..terima kasih :)

Reski mengatakan...

bisa minta tolong, untuk di perlihatkan bgaimana bentuk data di excelnya, karena error trus kalo di masukkan ke zmapnya

Unknown mengatakan...

gan gimana cara dowload aplikasi zmapnya?
udah cari tapi blm dapat2 juga.

Unknown mengatakan...

penyelesaian metode likelihood dalam zmap,...

Zahra mengatakan...

Format yang harus kalian ubah itu dari excel ke bntuk format txt atau mat. Baru bsa dia ngeload.

Zahra mengatakan...

Donlowd sofwer zmap dan matlab. Lalau isntal matlabnya dengan cara liat di matlap itu ada panduannya nootpadnya nantik anda disna.

Anonim mengatakan...

Kak kalau mau bikin kontur memakai zmap gimana ya? Saya dapat tugas kuliah untuk membuat kontur tapi dengan software zmap ini... Terimakasih sebelumnya, semoga berkenan untuk dijawab

Posting Komentar

 
;