Jumat, 25 Mei 2012

KORELASI MAGNITUDO

Welcoming back, pengunjung setia blog ini. 

Kali ini saya memposting sebuah tulisan yang bertitel KORELASI MAGNITUDO. Karena alasan orisinalitas document yang hanya bisa terjaga dalam format pdf atau .dox , maka saya meng'upload tulisan versi Lengkapnya sebagai berikut  .KLIK DI SINI, Sobat !

KORELASI berarti mencari relasi atau Hubungan antara 2 hal ; semisal yang sering dikorelasikan adalah anatara magnitudo dengan intensitas atau magnitudo dengan energi gempa bumi.


gambar 1. ) korelasi antara Magnitudo dengan Rilisan Energi Gempa Bumi


Atau ada juga korelasi antara Fatalitas(eq Fatalities) gempa dengan magnitude. Namun yang lebih dipahami tentang Korelasi Magnitude adalah mencari hubungan antara Magnitude yang telah kita ketahui. Misal Korelasi antar Ms (magnitudo surface) dengan Mb (Magnitudo Body) ; dsb.

Berikut merupakan contoh korelasi antara besaran Magnitudo dengan energi yang dirilis tersebut. Korelasi ini didapat dari persamaan  logE = 4.8 + 1.5M ; yang ditemukan oleh Richter dan rekannya , benno Gutenberg .E merupakan Energi , dalam artian Energi dari Seismic Wave (dalam Joule). 



Sebagai bahan referensi bagi pembaca sekalian, saya menyarankan untuk membaca tulisan berikut : EARTHQUAKE MAGNITUDO Alexander parera 

atau mendownload versi yang lebih complicated lengkap dengan formulasi penurunan persamaannya di link berikut : 


SEKIAN dan TERIMAKASIH
Bintaro, 26 Mei 2012. lepas santap siang- pkl.12.51







Related Post:

0 komentar:

Posting Komentar

 
;