Kamis, 27 Desember 2012

MOMENTUM INDAH MELIHAT RAFFLESIA ARNOLDI



Rafflesia. Sebuah nama yang begitu kental melekat, bahkan menjadi sign yang mengarahkan pemikiran kita ke Bumi Bengkulu ketika mendengar kata itu terucap.

Rafflesia Arnoldii. Sebuah tumbuhan parasit obligat yang demikian terkenal karena memiliki bunga berukuran sangat besar, bahkan merupakan bunga terbesar di dunia. Rafflesia tersebut tumbuh di jaringan tumbuhan merambat (liana) Tetrastigma dan tidak memiliki daun sehingga tidak mampu berfotosintesis.

TRIVIA
Penamaan bunga Rafflesia berlandaskan pada sejarah penemuannya pertama kali pada tahun 1818 di hutan tropis Bengkulu (Sumatera), di suatu tempat dekat Sungai Manna, Lubuk Tapi, Kabupaten Bengkulu Selatan. Demikian sebabnya, Bengkulu dikenal di dunia sebagai The Land of Rafflesia atau Bumi Rafflesia.

Awalnya, seorang pemandu yang bekerja pada Dr. Joseph Arnold lah yang menemukan bunga raksasa ini pertama kali. Dr. Joseph Arnold sendiri saat itu tengah mengikuti ekspedisi yang dipimpin oleh Thomas Stamford Raffles. Demikian akhirnya, penamaan bunga Rafflesia arnoldii didasarkan dari gabungan nama Thomas Stamford Raffles sebagai pemimpin ekspedisi dan Dr. Joseph Arnold sebagai penemu bunga.


Pada senja di hari Kamis, tanggal  27 Desember 2012; saya mendapat kesempatan emas untuk melihat langsung Bunga endemik di Bumi Sumatera ini. Setelah seharian dinas di Kantor Stasiun Geofisika Kepahiang - Bengkulu, saya bersama senior dan  rekan kantor menyempatkan diri untuk melihat langsung Bunga Rafflesia arnoldii.

Perjalanan ditempuh hanya 15 menit dari Kepahiang. Sampai di lokasi, sudah ada guide yang menanti kita, sebagai penunjuk jalan menuju ke lokasi Rafflesia yang sedang mekar.

27 Desember 2012. Cam-Ko-Haa !

*UPDATED.
Kamis, 06 Juni 2013. Pimpinan yang baru diganti telah tiba di kantor di Kepahiang. Mengingat beliau baru sehari di Bumi Kepahiang, so we' give him a suggestion to walk'around Kepahiang, take a glance. fortunately, last days, we heard about the Blossom' rafflesia, di KM 40'an jln lintas Bengkulu- Kepahiang.

so we get there, take few photos with the Stinky Lady, Rafflesia..si cantik puspa Bengkulu.



06 Juni 2013.

LOST IN TO THE WILD.. #linkinpark -lost in the echo + #30secondstomars - into the wild



SEPTEMBER 2014.


it's a long time not to see si cantik yang Busuk...24 september 2014, 3 hari menjelang keberangkatan kembali 3 junior si Mahdi, Milzam,dan Anisa, maka sore ini kami sempatkan untuk menjenguk si cantik yang busuk itu..

Related Post:

0 komentar:

Posting Komentar

 
;