Sabtu, 20 Desember 2014

HAGI GUEST LECTURE ; KAMPUS ITB 20 Desember 2014.






Weekend kali ini saya lewatkan dengan agenda yang cukup berbeda. Satnite yang biasanya saya habiskan dengan nge’blarrrr menjelajahi jalanan ibukota Jakarta dan hadiri event Bikers, kali ini malah saya habiskan jatah Have fun weekend dengan mengikuti event yang akademis. Event yang menjadi agenda tahunan Mahasiswa Geologi yang terdaftar dalam Himpunan Mahasiswa Geologi Indonesia (HMG). HAGI guest lecture : Integrasi Data Sumur dan Seismic Untuk Karakteristik Reservoir dan Militansi Mahasiswa Geofisika. Annual event yang diselenggarakan oleh HMGI regional 2 tersebut kali ini diadakan pada tanggal 20 Desember 2014; bertempat di Kampus Institut Teknologi Bandung (ITB) .
Event semacam kuliah umum tersebut menghadirkan 2 pembicara dari HAGI (Himpunan Ahli Geologi Indonesia); yakni Bapak Oskar Pakpahan, M.T.,M.Sc. (Vice President HAGI Chapter Kuala Lumpur) dan Bapak Dicky Hasbi (Geo Enterpreneur).

Pak Oskar dalam menyampaikan materinya, mengupas tuntas tentang Integrasi Data Sumur (Basic Log Acquisition; Seismic and Well) dan aplikasinya. Bagaimana cara interpretasi log untuk membedakan batuan reservoir dan non-reservoir; Bagaimana cara menentukan Top Formasi; dan bagaimana mndetksi zona Hidrokarbon dan zona Air; Minyak ; ataupun Gas.
Berikut terlampir beberapa notes saya tentang isi materi dari Pak Oskar :









Setelah itu, ada pnyampaian materi Militansi Mahasiswa Geofisika oleh Bapak Dicky Hasbi. Bagaimana menjadi seorang Geophysicist yang Tangguh, Berani, memiliki Totalitas dalam melaksanakan tugas eksplorasi. Bagaimana harus ‘survive’ ; yng menurut beliau survive berkaitan dengan seberapa ‘cerdas’ nya kita sebagai mahasiswa Geofisika.
Berikut beberapa Notes dari beliau tentang Militansi Mahasiswa Geofisika tersebut.











Related Post:

2 komentar:

Unknown mengatakan...

Alexander, Dokumentasi yang sangat bagus!

alexander felix taufan parera mengatakan...

Wah Terimakasih sudi mampir ke blog ini pak Oskar Pakpahan. Terimakasih juga sudah memberikan comment Positif. Saya dokumentasikan ini supaya nantinya bisa saya baca kembali di kemudian hari. Makasih pak.

Posting Komentar

 
;