Sabtu, 05 Mei 2012

MENENTUKAN A VALUE, B VALUE dan STANDAR DEVIASI PADA WILAYAH TERTENTU

Postingan saya kali ini sebenarnya merupakan tugas Statistik semester V. Tugas yang pada 2 hari belakangan ini telah menyita 21 jam dari 24 jam hidup harian saya guna menyelesaikannya.

Okey readers, langsung saja, kita check out yo !!

TUGAS: MENETUKAN A Value, B Value, dan Standar Deviasi npada wilayah Tertentu.

 Di sini, kelompok kami mendownload data gempa dari USGS , kemudian diolah dengan Excel dan Notepad, dioverlay-kan dengan Metode LIKELIHOOD (probabilitas) dan Regressi LINEAR. Dengan Software MATLAB, Zmap, dan ARCGIS.




METODE LIKELIHOOD.


Data didownload dari USGS; dengan batasan periode 1973-2012 dan  batasan koordinat -6 LS -- 11LU dan 128 BT-- 135 BT. Data yang didownload kemudian disortir menggunakan Microsoft Excel dan Notepad. Kemudian data diolah dengan menggunakan software MATLAB dan Zmap dengan metode Likelihood. Berdasarkan hasil komputasi dengan software tersebut, berikut kami sajikan output sebaran A_VALUE , B_VALUE , dan STANDAR DEVIASI



# Output A VALUE, B VALUE , dan STANDAR DEVIASI berdasarkan komputasi dengan MATLAB dan Zmap tersebut memperlihatkan hasil yang kurang proporsional dalam pembagian titik-titik grid. Hal tersebut nampak dari adanya beberapa titik pada peta yang tidak tercantum nilai a, b , dan standar deviasinya. Ketidaktercantuman tersebut berkaitan dengan proses PENGOLAHAN DATA, dimana data pada grid tersebut jumlah gempanya (N) < 5 gempa, sehingga kami mengabaikan grid pada titik tersebut.Dengan demikian, output peta sebarannya terdapat beberapa titik yang bolong.



METODE REGRESSI LINEAR


Data didownload dari USGS; dengan batasan periode 1973-2012 dan  batasan koordinat -6 LS -- 11LU dan 128 BT-- 135 BT. Data yang didownload kemudian disortir menggunakan Microsoft Excel dengan persamaan Regressi Linear. Kemudian data diolah dengan menggunakan software ArcGIS dan outputnya dioverlay-kan dalam format .jpg . Berdasarkan hasil komputasi dengan software tersebut, berikut kami sajikan output sebaran A_VALUE , B_VALUE , dan STANDAR DEVIASI






 Demikian hasil pengolahan, penyortiran, dan komputasi data yang kemudian di-overlay-kan dengan software ArcGIS , MATLAB, dan Zmap.
Sekiranya bisa menambah wawasan Readers sekalian.

_ALEXANDER PARERA_


Related Post:

1 komentar:

Jenny Teresia Simamora mengatakan...

apakah dengan ZMAP saja bisa mendapatkan nilai b?
apakah sama standart deviasi dengan Mc?

Posting Komentar

 
;