Selasa, 08 Januari 2013

MENGAPA AWAL JANUARI 2013, CUACA EKSTREM DI NTT ?




Selamat pagi, rekan-rekan sekalian.
Berhubung hari ini, saya Dinas Pagi, jadi yah, memanfaatkan media ini untuk sedikit berbagi cerita dengan rekan sekalian.

Sekedar berbagi, Readers !

Gambar di bawah ini adlh citra dari satelit NOAA untuk wilayah Indonesia, tanggal 7 januari, 2 hari yg lalu.


Nah, buat para awam, intinya, bisa lihat di Wilayah Laut di Selatan NTT, (ditandai dengan simbol warna Cokelat keMerahan pada gambar) artinya suhunya lebih hangat sekitar 2 derajat dari rata-ratanya).


nah, Apa Hubungannya dengan Hujan berkepanjangan ( continuous rain) dan Angin kencang di wilayah tersebut?

Penjelasan singkatnya, Suhu laut yang lebih hangat berarti penguapan lebih massif yang menjadi sumber pembentukan awan. Nah, karena terjadi pembentukan awan dgn jumlah yg lebih banyak dari biasanya, maka wajarlah, kenapa akhir-akhir ini di wilayah NTT khususnya dan Indonesia pada umumnya sering terjadi Hujan Berkepanjangan disertai angin kencang.
 
Gambar Citra Satelit BMKG; 08 Januari 2013 pkl. 22.00 WIB
Berikutnya, bisa kita perhatikan gambar di bawah ini. Nampak juga, pada wilayah Selatan NTT, tekanan udaranya sekitar 998 mbar (millibar), artinya lebih rendah dari rata-rata yang sekitar 1.013 mbar.
Daerah tekanan rendah itu berpotensi menimbulkan pusat Badai (siklon/cyclone)  tropis ( atau badai yg kita kenal dengan  nama Badai Narele); yang menyedot udara di sekitarnya dan berpotensi menimbulkan angin kencang.
tapi tenang saja, Badai Narele akan bergerak ke arah Barat menuju Selatan Jawa, kemudian melemah dan hilang.
jadi sekedar mengingatkan; atau  imbauan bagi teman teman semua, tetap WASPADA dengan adanya cuaca Ekstrem di awal tahun 2013 ini. 
 
 
Terima kasih.
 
SALAM GEOFISIKA.

--Alexander Parera---
 
Source : 
http://tdjamaluddin.wordpress.com/2013/01/08/memahami-potensi-cuaca-ektrem-awal-januari-2013/   


Related Post:

0 komentar:

Posting Komentar

 
;