Senin, 09 Mei 2011

ADA APA DIBALIK BUAH APELnya ISSAC NEWTON?

“Apa jadinya jika Apel yang dilihat Newton jatuhnya pada tanah yang miring?”
Ide tulisan ini datang begitu saja,ketika Dosen Matematika saya,Pak Prajuto sedang menjelaskan tentang “Persamaan Diferensial Bernoulli”.Dalam pembahasan beliau,pada salah satu slide,Beliau menyinggung seputar Hukum Newton II,yakni F= m.a
Di mana,F= Gaya,m=massa Benda,dan V’=percepatan/gaya Gravitasi(sering disimbolkan dengan a)..Karena pembahasan tentang Persamaan Diferensial Bernoulli bagi saya masih terlalu rumit dan complicated,maka saya memilih untuk  bermain-main dengan imajinasi saya tentang Om Newton..Namun seketika lamunan saya terhenti kala teman saya di bangku sebelah menyeletuk:”Lex,kog bisa yah,Si Newton dapat ide tuk ciptakan tuh rumus F=m.a?..Sederhana banget yah? Padahal setelah kita pelajari lebih jauh,ternyata dari konsep Newton tersebut,kita bias menemukan banyak hal baru yah..Semisal,dalam Mata kuliah Gravitasi,tentang Pengaruh Densitas dari model bola Homogen yang terkubur dalam tanah,dsb.”
Lantas saya coba tuk mencerna kembali kata-katanya.Hmm,ada benernya juga yah..Apa jadinya jika pada waktu itu,buah Apel yang jatuh dan memberikan inspirasi bagi Om Newton itu arah jatuhnya kesamping kek,atau jatuh di tanah yang miring kek…Mungkin,si Newton bakalan memasukkan Unsur atau Parameter Pengaruh Angin dsb.dalam Konsep Rumusnya tersebut..
Memang kesannya sangatlah simple,namun tidak disadari sebelumnya oleh sebegitu banyak manusia atau ilmuwan lain padda zamannya Newton tersebut.Namun dari kejadian simple tersebut,bias kita lihat  aplikasi yang berbasis pada Penggunaan Rumus tersebut.Begitu banyak bidang kehidupan yang sangat terbantu dengan adanya pemahaman akan konsep buah pemikiran si Om Newton tersebut.
Nah,di sini,saya mencoba meberikan pemahaman saya akan Nilai yang terkandung dari kisah Om Newton yang bias menemukan hal besar dari kejadian yang ‘sederhana’ tersebut.Berdasrkan refleksi saya,menurut saya,”Semua kita mempunyai potensi dan daya inovatif untuk menemukan hal-hal baru yang hadir dalam setiap detik hidup kita.Alam tempat hunian kita;bumi dan segala isinya ini adalah misteri dan ‘TITIPAN TUHAN’,dan DIA telah menganugerahkan kita AKAL BUDI untuk menyelami dan mengkritisi segala kejadian yang terjadi dalam keseharian kita.Hanya saja,belum ada yang mampu untuk ‘Membuka’ rahasia sederhana sebagai ‘perintis jalan’ untuk penelitian selanjutnya.Seperti halnya si om Newton;dia-lah yang ‘membuka jalan’,dan selebihnya,konsep pemikirannya dikembangkan oleh ilmuwan-ilmuwan lainnya.Demikianpun dengan Om Richter yang member kemajuan dalam dunia Seismologi;yang membuka jalan dalam pengukuran/kuantifikasi besarnya energi gempa bumi secara Objektif.
Sadar akan hal tersebut,hendaknya kita,terutama yang masih muda belia dan masih ‘cukup’ lama untuk menjalani kehidupan bersama alam kita ini,mulai mengkritisi dan mencoba bertanya,”why it’s happened?”..
Ayo,jangan kita hanya mau mengekor di balik Penemuan atau pemaparan konsep dan ide-ide orang lain..Hendaknya kita mulai mencoba untuk memaparkan idea tau konsep pemikiran kita,yang pastinya brilliant,kreatif,dan Inovatif..Yeahh,c’monn,Guys and ladies..Cheers!!
From here with love:

ALEXIS DE FELIXCILLE

Related Post:

0 komentar:

Posting Komentar

 
;